Rabu, 27 April 2016

Perbedaan Java dan JavaScript

Java adalah bahasa pemrograman yang diciptakan di Sun Microsystem yang bertujuan untuk membuat suatu platform universal, jadi program yang anda buat di Windows akan bias langsung dijalankan di Linux dengan perubahan yang minimal. Jadi lebih baik disetarakan dengan VB, Delphi untuk tujuan dan kegunaannya.

Java Script
JavaScript adalah bahasa scripting di web biasa digunakan untuk memproses data di sisi user atau browser dan tidak ada hubungannya dengan Java(Bahasa Pemrograman). JavaScript dibuat berdasarkan ECMA Script dan awal mula penamaanya dalah sebagai berikut: Mocha->LiveScript->JavaScript Dinamakan JavaScript karena rilisnya bersamaan dengan Netscape Navigator 2.0 yang juga pertama kali memberi dukungan pada Java, jadi masyarakat akan mengira bahwa JavaScript berhubungan dengan Java (yang sedang booming waktu itu).

 Java dan Java Script memiliki beberapa perbedaan. Java merupakan bahasa pemrograman yang di desain untuk eksekusi cepat dan keamanan penulisan. Mengenai keamanan penulisan terlihat dari dimungkinkanya perintah “int” pada sebuah refrensi objek atau untuk mengambil ruang memory khusus dengan cara mengurangi jumlah kode byte java. Program java juga memerlukan metode yang eklusif . java juga merlukan perlengkapan untuk melakukan deklarasi kelas, metode penulisan, dan memastikan keamanan penulisan. Hal ini menjadikan program java tampak kompleks dan kurang user friendly sehingga cendrung membutuhkan sebuah hierarki atau sejumlah kumpulan objek. Sebaliknya, JavaScript memiliki kemampuan tinggi meskipun hanya dituliskan. Dalam beberapa baris perintah dinamis saja, hal itu terlihat dalam program hyper talk atau dBase bahasa pemrograman script ini juga dilengkapi alat alat yang dapat memudahkan para pengguna dari berbagai kalangan. Diantaranya adanya syntax yang mudah, fungsi-fungsi khusus yang terpasang, dan kebutuhan minimal yang diperlukan dalam membuat sebuah objex.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar